Masuk

Layanan

Aplikasi Pusjatan


Aplikasi dapat diartikan sebagai suatu program berbentuk perangkat lunak yang berjalan pada suatu sistem tertentu yang berguna untuk membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Untuk mendukung program MP3EI(Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), Puslitbang Jalan dan Jembatan telah melakukan pengembangan dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi yang memiliki fokus terhadap pelayanan masyarakat.

Jalan Kita      

Pada saat ini informasi mengenai kondisi dan keadaan lalu lintas jalan yang berasal dari masyarakat belum dapat disampaikan secara langsung kepada pihak Puslitbang Jalan dan Jembatan, sehingga masyarakat cenderung memilih media cetak maupun elektronik seperti surat kabar, radio, televisi, maupun social media dan internet untuk memberikan informasi yang terkait jalan dan jembatan. Jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan telepon seluler yang saat ini yang terus bertambah secara signifikan mengisaratkan bahwa memanfaatkan teknologi komunikasi melalui perangkat telepon selular sangatlah potensial untuk merambah masyarakat.

Dari fakta diatas, maka sangatlah tepat jika dibangun sistem perangkat lunak yang dapat diakses secara umum oleh masyarakat tanpa biaya dengan memanfaatkan teknologi berbasis pada smart phone.Perangkat lunak ini berfungsi sebagai sarana untuk mengajak peran serta masyarakat secara real time dan mendetail, sehingga segala bentuk informasi mengenai jalan dan jembatan dapat disampaikan oleh masyarakat kepada Pusjatan secara langsung.

Link Aplikasi Jalan Kita

Aplikasi Peta Gempa

Seperti diketahui bahwa Negara Indonesia merupakan negara dengan tingkat kegempaan yang cukup tinggi. Hal ini sebagai konsekuensi dari bertemunya tiga buah lempeng besar di Indonesia yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Disamping itu aktivitas gunung berapi juga memberikan pengaruh pada potensi gempa. Beberapa hal tersebut mengingatkan kita semua untuk menyadari potensi bahaya gempa terhadap infrastruktur yang ada termasuk jembatan.

Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa pembaruan ketentuan yang berkaitandengan perencanaan ketahanan gempa pada jembatan muncul. Diawali dengan RSNI 2004 tentang Standar Pembebanan untuk Jembatan, SNI 2008 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Jembatan, kemudian pada tahun 2010 Kementerian Pekerjaan Umum menerbitkan Peta Gempa 2010.

Link Aplikasi Peta Gempa

Aplikasi Inspeksi Jembatan -

Aplikasi inspeksi Jembatan merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Jembatan Terpadu yang memandu pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan kondisi jembatan. Sistem ini merupakan gabungan dari metode pemeriksaan dengan cara visual, dengan menggunakan penilaian kondisi dengan vibrasi yang dikemas kedalam sebuah aplikasi mobile dan aplikasi berbasis web.

Data kondisi jembatan akan tersimpan pada Database sebagai history yang sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai data pembanding untuk waktu yang akan datang. Kemudahan dalam pengambilan data di lapangan menjadi tujuan dari aplikasi ini sehingga dapat memudahkan para inspektor jembatan dalam melakukan penilaian kondisi pada suatu jembatan.

Link Aplikasi Inspeksi Jembatan