Masuk

Berita

Pemaparan Teknologi Hasil Litbang dalam Kunjungan Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya

SELASA, 13 FEBRUARI 2018 14:50


Pusat Litbang Jalan dan Jembatan merupakan salah satu institusi riset yang bertugas untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang jalan dan jembatan, dimana bidang keahlian pengembangan dan penelitian di Pusjatan terbagi menjadi  empat diantaranya, geoteknik jalan, perkerasan jalan, struktur jembatan, dan sistem teknik lalulintas. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rully Ranastra mewakili Pusat Litbang Jalan dan Jembatan dalam sambutannya dihadapan  kunjungan mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya pada Senin, 12 Februari 2018, “Balai teknis di lingkungan Pusajatan ada empat, didukung empat bagian management. Pusjatan itu sifat dan tugasnya lebih kepada dukungan teknologi, misalnya dalam bidang struktur jembatan menggunakan teknologi yang telah dikembangkan sehingga estimasi pembuatan relatif lebih cepat dan biaya yang digunakan lebih sedikit,  juga ketahanan jembatan turut diperhatikan. Selain itu, Pusjatan juga mengembangkan sistem dan teknik lalulintas beberapa diantaranya adalah image processing dan sistem monitoring lalulintas. Di Pusjatan juga turut dikembangkan pengujian kekuatan beton, standar pedoman dan manual pembuatan jalan, dan pemeliharaan asset jalan.”

Penjelasan Rully Ranastra menjawab keinginan Ibrahim selaku perwakilan dosen dari Politeknik Negeri Sriwijaya yang pada sambutannya meyampaikan tujuan dari kunjungannya ke Pusjatan. Pada intinya dari Palembang sengaja untuk menambah wawasan mengenai teknologi jalan dan jembatan, serta melihat langsung laboratorium yang selama ini banyak disampaikan melalui perkuliahan saja.

Informasi dilengkapi dengan adanya masterpiece hasil litbang Pusjatan, dan juga mahasiswa dibawa mengunjungi laboratorium yang dimiliki Pusjatan, serta dapat langsung bertanya jawab dengan peneliti dan tekhnisi laboratorium. (Humas Pusjatan)