DIREKTORAT BINA TEKNIK JALAN DAN JEMBATAN
Kamis, 25 Juli 2019  10:18:00

Kerja Sama Litbang Bidang Jembatan Pusjatan dengan PS. Mitsubishi Construction Japan

Kerja Sama Litbang Bidang Jembatan Pusjatan dengan PS. Mitsubishi Construction Japan

Kerja Sama Litbang Bidang Jembatan Pusjatan dengan PS. Mitsubishi Construction Japan

Kerja Sama Litbang Bidang Jembatan Pusjatan – PS. Mitsubishi Construction Japan

Pusjatan dan PS. Mitsubishi Construction Japan tandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) penelitian dan pengembangan di bidang jembatan, Selasa (23/7).

PKS ini berlaku untuk periode tahun 2019 – 2023, dengan litbang utama mengenai metode perlindungan korosi tulangan baja untuk daerah atmosferik dengan menggunakan Zn Cartridge dan sistem monitoring korosi tulangan baja untuk daerah atmosferik dengan menggunakan Titanium Wire Sensor.

Dalam sambutannya, Kepala Pusjatan Deded P. Sjamsudin mengungkapkan latar belakang kerja sama litbang ini, bahwa Indonesia kerapkali membangun infrastruktur jembatan atau jalan layang yang berdekatan dengan perairan laut karena posisinya sebagai negara kepulauan. Perairan laut adalah elemen utama yang menyebabkan korosi tulangan sehingga berdampak buruk pada keamanan struktur beton dan mempersingkat masa pakainya.

“Saya berharap bahwa topik penelitian bersama ini bisa diperluas, tidak hanya terkait dengan korosi, tetapi juga struktur jembatan dan jalan raya seperti gorong-gorong, dinding penahan, dan lainnya,” tambah Deded.

Vice President PS. Mitsubishi Construction Japan Takuya Mori, mengemukakan kolaborasi riset ini merupakan peluang bagi pihak Jepang dan Indonesia untuk mengembangkan teknologi bersama sebagai solusi tehadap permasalahan di bidang jembatan. Takuya menambahkan, “Kami akan melakukan yang terbaik untuk membuat kolaborasi ini sukses.” (Humas Pusjatan)

Berita Terpopuler

Aspal Karet, Teknologi Lainnya dari Pusjatan
Selasa, 07 November 2017  15:07:00
Teknologi WIM Bridge
Jum'at, 25 Agustus 2017  17:13:34
Pemeringkatan Jalan Hijau 2016
Selasa, 29 November 2016  17:56:20

Berita Terkait